Rabu, 18 Januari 2012

Membuat Menu Login

1. Buat form login sederhana saja..tampilannya username password sama tombol masuk. ada 3 objek yang harus dibuat , pertama input text untuk username, kemudian input text untuk password dan button untuk tombol masuk.

2. Seperti biasa buat 2 layer, layer yang pertama untuk objek dan layer yang kedua untuk script . pada layer pertama (untuk objek) buat 3 frame kosong (tau kan caranya??klik di frame kosong kemudian insert blank key frame) fungsi dari frame pertama adalah tampilan form login, frame kedua adalah tampilan jika user berhasil masuk (username dan passwordnya cocok) dan frame ke tiga adalah kondisi jiga user gagal masuk (username dan passwordnya tidak cocok atau dikosongkan) isi ketiga frame tersebut dengan skrip stop();

4. Setelah selesai membuat tiga frame dan mengisi tiap frame dengan action script stop(); maka melanjutkan pada langkah selanjutnya yaitu membuat form login. Klik pada frame pertama layer objek. kemudian buat form login. desain terserah anda

5. untuk tombol masuk beri instance name "tombol" (tanpa tanda petik) selanjutnya dengan menggunakan text tool kita akan membuat kolom username dan password.
6. untuk kolom username Pilih text tool kemudian ubah tipenya menjadi input text beri instance name username dan beri nama var username. Sesuaikan dengan ukuran rectangle yang telah dibuat agar tulisan pas dengan kolom , untuk kolom password lakukan hal yang sama seperti diatas akan tetapi ganti instance name nya menjadi katakunci dan var nya menjadi password .

7. Selanjutnya membuat tamppilan pada frame ke 2 dan ke 3, sederhana saja untuk tampilan ke 2 buat saja tulisan dengan text tools "ANDA BERHASIL MASUK" dan untuk Frame ke 3 buat tulisan "PASSWORD/USERNAME YANG ANDA MASUKAN SALAH" dan buat tombol untuk kembali ke form utama.

8. Setelah semua desain kita buat sekarang tinggal memasukan script kondisi pada layer Script. Script ini dimasukan untuk mengecek kondisi apabila username dan password cocok maka frame pindah ke frame 2, sedangkan jika gagal/ salah password/username maka frame akan pindah ke frame ke tiga. Untuk isi username dan password terserah anda.

username.text = "";
password.text = "";
tombol.onRelease = function (){
if (username == "data" and password == "indranugraha") {
gotoAndStop(2);
} else {
gotoAndStop(3);
}
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar